Mengenai Saya
Categories
- ilmu Elektro (6)
- K3 (1)
- Pengantar Pendidikan (1)
- wisata malang (1)
Search
Archives
Diberdayakan oleh Blogger.
Linknya my prend
- Blogging Is My Life | Internet Science
- Arian Blog
- Coretan Puguh
- Blog Amatiran
- Hari Kurniawan
- : Cerita Sepanjang Penghidupan :
- Indonesia-Ku News
- Akhdanazizan.com
- Eka Puji Sugianto
- Pendidikan Teknik Elektro
- aw... aw... aw...
- Rina Puji Lestari
- Lutfiatul Ummah
- Sinau Elektro
- Elektronik Bank
- Elektro News
- Elektronika
- Sumber Ilmu Dunia
- Step Elektronika
- Dunia Elektro
- Seputar Edukasiku
- Mad Elektro
- iniceritakudotkom
- BELAJAR ELKA
Entri Populer
-
Teori Dasar Motor Induksi Tiga Fasa. Motor induksi adalah suatu mesin listrik yang merubah energi listrik menjadi energi gerak dengan m...
-
Dekoder driver 74LS47 merupakan IC TTL yang mempunyai input 4 bit yaitu A, B, C, dan D serta 3 input ekstra RBI, RBO, LT. Ketiga input eks...
-
Menjelajah Kabupaten Malang kita akan menemukan banyak keindahan tersembunyi di sana. Walau banyak yang tak terawat dan dibiarkan apa ad...
-
Program simulator sederhana PLC Omron seri CPM atau Sysmac. Nama program tersebut adalah PLC Simulator versi 1.0 karya Tang Tung Yan, seba...
-
Gambar 1 akan memperlihatkan prinsip kerja dari sebuah generator AC dengan dua kutub, dan dimisalkan hanya memiliki satu lilitan yang ter...
-
Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) a. Pengertian Think Pair Share (TPS) Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggu...
-
Dioda berasal dari kata DI = dua dan ODA = elektroda atau dua elektroda, dimana elektroda-elektrodanya tersebut adal...
-
HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA Tujuan Khusus Pengajaran 1. Memahami konsep‑konsep tentang hakikat manusia. 2. ...
-
Perkembanga n teknolog i saa t in i begit u pesatnya , sehingg a peralatan sudah menjadi kebutuhan pokok pada berbagai lapangan pekerja...
-
R a ngk a i a n e l e ktr o ni k a d a ya m e rup a k a n s u at u r a ngk a i a n li s t rik y a ng d a p a t m e ngu...
Total Tayangan Halaman
12,099
Rabu, 01 Mei 2013
DASAR - DASAR MOTOR INDUKSI 3 PHASA | PRINSIP KERJA MOTOR 3 FASA
Teori Dasar Motor
Induksi Tiga Fasa. Motor induksi adalah suatu mesin listrik yang merubah energi
listrik menjadi energi gerak dengan menggunakan gandengan medan listrik dan
mempunyai slip antara medan stator dan medan rotor. Motor induksi merupakan
motor yang paling banyak kita jumpai dalam industri.
Stator adalah bagian dari mesin yang tidak berputar dan terletak pada bagian luar. Dibuat dari besi bundar berlaminasi dan mempunyai alur – alur sebagai tempat meletakkan kumparan.
Rotor sangkar adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya bagian dalam. Terbuat dari besi laminasi yang mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga yang dihubungkan singkat pada ujungnya.
Rotor kumparan ( wound rotor ), Kumparan dihubungkan bintang dibagian dalam dan ujung yang lain dihubungkan dengan slipring ke tahanan luar. Kumparan dapat dikembangkan menjadi pengaturan kecepatan putaran motor. Pada kerja normal slipring hubung singkat secara otomatis, sehingga rotor bekerja seperti rotor sangkar.
Stator adalah bagian dari mesin yang tidak berputar dan terletak pada bagian luar. Dibuat dari besi bundar berlaminasi dan mempunyai alur – alur sebagai tempat meletakkan kumparan.
Rotor sangkar adalah bagian dari mesin yang berputar bebas dan letaknya bagian dalam. Terbuat dari besi laminasi yang mempunayi slot dengan batang alumunium / tembaga yang dihubungkan singkat pada ujungnya.
Rotor kumparan ( wound rotor ), Kumparan dihubungkan bintang dibagian dalam dan ujung yang lain dihubungkan dengan slipring ke tahanan luar. Kumparan dapat dikembangkan menjadi pengaturan kecepatan putaran motor. Pada kerja normal slipring hubung singkat secara otomatis, sehingga rotor bekerja seperti rotor sangkar.
Keuntungan motor tiga phasa :
·
Konstruksi sangat kuat dan sederhana terutama bila motor dengan
rotor sangkar.
·
Harganya relatif murah dan kehandalannya tinggi.
·
Effesiensi relatif tinggi pada keadaan normal, tidak ada sikat
sehingga rugi gesekan kecil.
·
Biaya pemeliharaan rendah karena pemeliharaan motor hampir tidak
diperlukan.
Kerugian Penggunaan Motor Induksi
·
Kecepatan tidak mudah dikontrol
·
Power faktor rendah pada beban ringan
·
Arus start biasanya 5 sampai 7 kali dari arus nominal
·
Prinsip kerja Motor 3 Phasa
1. Bila sumber tegangan
tiga phasa dipasang pada kumparan stator, maka pada kumparan stator akan timbul
medan putar dengan kecepatan, ns = 120f/P , ns = kecepatan sinkron, f = frekuensi sumber, p = jumlah kutup
2. Medan putar stator
akan memotong konduktor yang terdapat pada sisi rotor, akibatnya pada kumparan
rotor akan timbul tegangan induksi ( ggl ) sebesa E2s = 44,4fnØ . Keterangan : E = tegangan induksi
ggl, f = frekkuensi, N = banyak lilitan, Q = fluks
3. Karena kumparan rotor
merupakan kumparan rangkaian tertutup, maka tegangan induksi akan menghasilkan
arus ( I ).
4. Adanya arus dalam
medan magnet akan menimbulkan gaya ( F ) pada rotor.
5. Bila torsi awal yang
dihasilkan oleh gaya F pada rotor cukup besar untuk memikul torsi beban, maka
rotor akan berputar searah dengan arah medan putar stator.
6. Untuk membangkitkan
tegangan induksi E2s agar tetap ada, maka diperlukan adanya perbedaan relatif
antara kecepatan medan putar stator (ns) dengan kecepatan putar rotor (nr).
7. Perbedaan antara
kecepatan nr dengan ns disebut dengan slip ( S ) yang dinyatakan dengan
Persamaan S = ns-nr/ns (100%)
8. Jika ns = nr tegangan
akan terinduksi dan arus tidak mengalir pada rotor, dengan demikian tidak ada
torsi yang dapat dihasilkan. Torsi suatu motor akan timbul apabila ns > nr.
9. Dilihat dari cara
kerjanya motor tiga phasa disebut juga dengan motor tak serempak atau asinkron.
Label:ilmu Elektro
Langganan:
Posting Komentar
(Atom)
0 komentar:
Posting Komentar